Jumat, 12 Oktober 2012

MERLIN

Hello, all. Senang bisa berbagi dengan para pembaca (kalau ada) *hehehe*, dari judul blog dan judul post ini, udah bisa ditebak kalau saya Merlin's fan. Ada yang belum tau Merlin???

Merlin ini adalah serial TV made in Inggris favorit saya n mungkin sebagian dari kamu juga. Pertama kali ditayangkan 20 September 2008 di BBC. Serial ini terdiri dari lima season dimana setiap season terdiri dari 13 episode. Selain jalan ceritanya disusun secara apik dan keren banget, pemain-pemainnya juga gak bikin bosan. Serial atau film model begini emang kesukaan aku banget. Soalnya berbau sejarah, dongeng, n cerita rakyat yang bikin mata dimanjakan. Kalau ada yang belum tau, serial ini cocok banget buat ditonton sambil nyantai gak ada kerjaan, atau mau refreshing..




Serial ini berlatar di sebuah kerajaan besar bernama Camelot, dimana dipimpin oleh seorang raja (Uther Pendragon) yang sangat membenci sihir. Uther selalu mengeksekusi mati siapapun yang mempraktekkan sihir di Camelot. sehingga menjadi musuh bebuyutan para penyihir. Sang pangeran Camelot, Arthur, telah diramalkan akan menjadi raja besar dan akan menyatukan Albion (Inggris) dan sihir akan diterima dengan tangan terbuka di masa pemerintahannya.

Tetapi diramalkan pula bahwa Arthur akan mendapat banyak ancaman dan bahaya dari musuh dan teman, sehingga Merlin ditakdirkan sebagai pelindung Arthur. Tanpa Merlin, maka Arthur tidak akan menjadi raja Camelot. Dan tanpa Merlin, maka tidak akan ada Albion (Inggris).

Merlin dibintangi oleh enam orang bintang utama dan satu bintang utama pengisi suara. Penasaran? Nih dia pemain-pemainnya...

Colin Morgan as Merlin














Tokoh Merlin diperankan oleh Colin Morgan, seorang aktor asal Armagh, Irlandia Utara. Pertama kali liat Colin di serial ini, saya udah sreg banget ama nih cowok. Mukanya manis n ada lesung pipi yang bikin dia tambah manis meskipun telinganya sedikit lebih lebar, tapi malah itu yang bikin dia keliatan beda.

Di serial ini, Merlin digambarkan sebagai seseorang yang baik hati, bijaksana meskipun sering bertingkah konyol, dan sangat pemberontak. Dia lahir dan dibesarkan di Ealdor, sebuah desa di perbatasan Camelot dan Essetir. Merlin dikirim ibunya, Hunith, ke Camelot agar Gaius dapat menuntunnya dalam mengendalikan kemampuan sihirnya.

Di season 1, Merlin sempat bertengkar dengan Pangeran Arthur yang congkak tanpa tahu siapa Arthur sebenarnya. Dan kocaknya, meskipun dia tahu Arthur itu pangeran Camelot tapi tetap saja Merlin tidak segan-segan bertengkar dengan Arthur. Karena Merlin telah menyelamatkan nyawa Arthur saat diserang oleh penyihir wanita tua yang dendam pada Uther, dia dijadikan pelayan pribadi Arthur.

Sejak itulah Merlin selalu menyertai dan melindungi Arthur tanpa sepengetahuan Arthur. Karena bagaimanapun, Merlin harus menyembunyikan kemampuan sihirnya dari Uther. Tidak ada seorang pun di Camelot tahu dia penyihir kecuali Gaius dan Lancelot.

Di kalangan pawang sihir, Merlin dikenal dengan nama lain yaitu Emrys. Setiap pawang mengetahui siapa dia dan nama Emrys itu nanti akan menjadi momok bagi musuh bebuyutannya, Morgana.

Bradley James as Prince Arthur Pendragon














Pangeran Arthur diperankan oleh Bradley James, aktor asal Devon, Inggris. Dalam serial ini, Arthur Pendragon pada awalnya adalah sosok pangeran yang arogan, terlalu gengsi, emosional, dan suka mengerjai pelayan-pelayannya. Meskipun begitu, Arthur sangat menghormati ayahnya, berani, mahir dalam pertempuran dan memiliki belas kasih pada rakyatnya. 

Dari episode pertama, saya udah langsung kepincut sama tokoh Arthur ini (Bradley pastinya). Bradley benar-benar cocok jadi Arthur, udah mukanya cakep, imut, mata birunya yang tajam, yah meskipun giginya agak kurang rata, tapi kereeen banget. 

Dan yang paling saya suka adalah kisah persahabatannya dengan Merlin. Arthur emang suka banget ngejahilin Merlin dan dia menganggap Merlin adalah sahabat terbaiknya (meskipun gengsi mengakuinya). Sifat terbaik Arthur adalah dia tidak gampang menyerah, punya prinsip yang teguh, penyayang, berani membela apa yang menurutnya benar dan tidak pernah lupa membalas budi sama siapapun yang pernah menolongnya. (Benar2 sifat raja yang bagus, ckckck...)

Angel Coulby as Guinevere/Gwen
 












Ini adalah tokoh cewek favorit saya di serial ini. Tokoh Guinevere diperankan oleh aktris manis asal Inggris, Angel Coulby. Di serial ini, Guinevere adalah pelayan pribadi Lady Morgana. Teman-temannya memanggilnya Gwen. Gwen adalah putri seorang pandai besi Camelot. Dia merupakan teman pertama Merlin setelah Merlin datang ke Camelot. 

Gwen digambarkan sebagai sosok wanita yang lembut, penyayang, tegas, pribadinya luar biasa, sangat bijaksana, dan tidak menyukai kekerasan. Gwen juga telah bersahabat dengan Sir Leon, salah satu ksatria Camelot sejak kecil karena ibunya adalah pelayan di rumah keluarga Leon. Lady Morgana menganggap Gwen adalah sahabat terbaiknya, begitu juga sebaliknya. 

Karena pribadinya yang lembut, tegas, dan bijaksana, tidak sedikit pria yang jatuh hati pada Gwen, di antaranya adalah Lancelot dan Arthur.

Katie McGrath as Lady Morgana














Tokoh Morgana diperankan oleh aktris cantik Katie McGrath. Awalnya saya suka liat sosok Morgana yang cantik, baik dan anggun sebelum akhirnya dia menjadi tokoh paling antagonis di serial ini. Lady Morgana adalah putri angkat Uther. Dia adalah putri Gorlois, seorang ksatria Camelot yang meninggal di peperangan. Tetapi di season 3, ternyata faktanya dia adalah putri kandung Uther Pendragon, yang artinya dia adalah adik Arthur meskipun berbeda ibu.

Awalnya, Morgana adalah pribadi yang anggun, tegas, berani menentang Uther, sangat menyayangi Gwen dan Arthur, dia juga perhatian pada Merlin. Morgana sangat menentang Uther yang selalu mengeksekusi setiap orang yang mempraktekkan sihir padahal tidak ada kejahatan yang mereka perbuat.

Morgana selalu dihantui mimpi buruk, tetapi anehnya mimpi itu selalu jadi kenyataan. Hingga pada suatu malam, Morgana menyadari bahwa ada sihir dalam dirinya. Artinya, Morgana adalah penyihir. Dan itu berarti dia harus berhadapan dengan Uther yang membenci sihir yang menjadikan Morgana membenci Uther. Hingga akhirnya Morgana melakukan kudeta mengambil alih kekuasaan Uther dan memusuhi Arthur.

Richard Wilson as Gaius













Tokoh Gaius diperankan oleh aktor Richard Wilson. Gaius adalah dokter istana yang sangat loyal pada Uther. Dia adalah salah satu yang sangat dipercaya oleh Uther. Bahkan Arthur sendiri menganggap Gaius adalah sosok ayah yang melebihi Uther. Gaius digambarkan sebagai orang yang setia pada Camelot, cerdas, sosok ayah bagi banyak orang, bijaksana, berpengetahuan luas dan selalu menjaga rahasia yang dipercayakan padanya.

Saat Merlin datang ke Camelot, dia tinggal bersama Gaius. Meskipun setia pada raja, tapi Gaius banyak mengetahui tentang sihir. Bahkan ia memiliki sebuah buku mantra sihir yang diwariskannya pada Merlin. Banyak penyihir yang berutang budi pada Gaius karena Gaius yang membantu mereka melarikan diri dari Camelot dan gagal dieksekusi oleh Uther.

Anthony Head as King Uther Pendragon














Uther Pendragon diperankan oleh Anthony Head. Uther adalah sosok raja yang tegas, bertangan besi, tirani (bagi penyihir), dan sangat keras kepala. Meskipun begitu, Uther sangat menyayangi rakyatnya, dia lebih mementingkan rakyatnya daripada dirinya sendiri. Selain itu, Uther sangat menyayangi Arthur dan Morgana. 

Karena kebenciannya pada sihir, Uther memiliki banyak sekali musuh yang mencoba untuk menghancurkan Camelot dan menyakiti putranya. Sikapnya itulah yang membuat Morgana berbalik membencinya, bahkan mengambil alih kekuasaannya dengan cara licik. 

John Hurt as The Voice of Great Dragon











Satu tokoh yang juga berperan sangat penting di serial ini (naga bisa disebut tokoh gak ya?? hehehe) adalah Naga Agung yang bernama Kilgharrah. Kilgharrah adalah naga terakhir yang tersisa setelah Uther membantai semua naga. Hanya Kilgharrah yang dibiarkan hidup dan dikurung di sebuah tempat di bawah penjara Camelot dan tidak ada satu orang pun yang bisa membebaskannya kecuali Merlin.

Kilgharrah lah yang menuntun Merlin dalam menjalani takdirnya sebagai pelindung Arthur. Merlin selalu meminta bantuan kepada Naga Agung disaat dia kesulitan dengan syarat suatu hari nanti Merlin harus membebaskan Kilgharrah dari rantainya. 

Setelah Merlin melepaskan Kilgharrah, sang naga malah mengamuk dan menyerang Camelot sebagai balas dendamnya karena Uther telah membantai semua keluarganya dan jenisnya (season 2). Dan yang bisa menjinakkan Kilgharrah hanya seorang Dragonlord (pawang naga). 

Sialnya, semua pawang naga telah dieksekusi oleh Uther kecuali satu yaitu Balinor. Merlin dan Arthur berkelana mencari Balinor yang ternyata adalah ayah kandung Merlin. Di tengah perjalanan menuju Camelot dengan Balinor bersama mereka, Balinor tewas diserang pasukan kerajaan Cenred sehingga Merlin menjadi Dragonlord yang terakhir.

Kilgharrah akhirnya dijinakkan oleh Merlin dan ia menjadi Naga milik Merlin. Hingga di episode selanjutnya, Kilgharrah selalu membantu Merlin disaat Merlin memanggilnya.




Nah, itu adalah para tokoh-tokoh utama serial ini. Setiap episodenya bener-bener keren dan jalan ceritanya bener-bener bagus banget cara nyusunnya. Setiap tokohnya pun berakting dengan bagus dan cocok memerankan karakter masing-masing, bahkan yang paling antagonis sekalipun. 
Pastinya serial ini cocok banget buat ditonton ditambah dengan musik latarnya yang bagus.






Tidak ada komentar:

Poskan Komentar